PENJELASAN MAKNA RUWATAN ( BUANG SENGKOLO )

Ruwatan atau Buang Sengkolo adalah merupakan tradisi orang jawa yang berkembang pertama kali dari lingkungan orang Kuno pada jaman – jaman Raja (Keraton). Dan tradisi ruwatan disini berhubungan dengan Ritual / upacara sakral guna perbaikan kualitas serta jati diri serta penampilan seseorang, dengan cara / teknik khusus dan teknik yang di pakai biasanya berbeda – beda hanya saja tujuanya sama. Dalam era berkembangnya jaman banyak istilah yang sudah di pakai mengikuti alur Moderen agar dengan mudah di pahami Misal : Buka Aura, Bedah Aura, Pembersian Energi Kotor dls.. hal tersebut biyar mudah dipahami oleh semua lapisan Baik orang jawa , orang sunda, orang batak dls.

Dan banyak Pertanyaan yang sering diajukan oleh banyak orang yang belum paham Arti Ruwatan / Buang sengkolo untuk arti makana ruwatan / buang sengkolo sudah saya jelaskan diatas hanya saja teknik / cara masing – masing spiritual berbeda beda tergantung ijaza dari sang Guru yang pertamai dia terima itupun akan di Kolaburasi dengan teknik sesuwai dengan perkembangan jaman dewasa ini, asal tidak melanggar aturan pakem yang ada.

Presepsi Ruwatan / Buang Sengkolo dalam tradisi jawa banyak sekali keuntungannya yang akan menyebabkan dampak positif kepada diri orang yang telah diruat

Diantaranya:

1. Ruwatan atau Buang sengkolo dapat membuang energi megatif dalam tubuh dan akan menggganti energi positif, karena energi yang kotor dapat mempengaruhi pola hidup manusia. Misal : Dalam tradisi Jawa ada namanya senglolo ” KEBO KEMALI” orang yang kena sengkolo ini biasanya akan sulit mendapatkan jodoh Misal : anda seorang gadis berparas cantik tapi di usia 30 lebih belum ada laki – laki yang datang untuk menyunting untuk di jadikan istri. Gamblangnya : jika anda suka laki laki dia tidak merespon, jika laki-laki sudah suka anda yang tidak cocok , jika sama – sama suka keluarga tidak merespon. Yang jelas ada saja masalah yang menghambat agar prosesi hubungan anda tidak dapat belangsung, tanpa anda sadari jika dalam kenyataan ternyata ada terkena sengkala tersebut di atas.

2. dan dampak Sengkolo bukan haya itu saja masih banyak seperti jatuh bangun dalam usaha sampai habis habisan, sakit sakitan yang sampai dokterpun tidak sanggup mengobati, efek belajar ilmu hingga gila dls

3. Ruwatan juga dilakukan untuk tanah yang akan kita tempati ( didirikan rumah ) guna keamanan dari serangan Ghoib / terror makluk halus.

4. Ruwatan Bumi dilakukan guna keamanan kita terhindar dari mala petaka yang disebabkan karena factor alam yang kurang bersahabat.

5. Dan banyak lagi criteria yang perlu diruwat berdasarkan kelahiran Misal : anak lahir ontang anting ( lahir sendiri tanpa adik / kakak ) dan lahir dua orang laki dan perempuan , songgo mayit 3 saudara kali semua/ perempuan semua ( jika 3 orang perempuan di tengah dan 2 laki menghapit perempuan disebut sendang kapit pancuran ) jika 5 0rang laki 2 semua namanya Pendowo limo dan masih banyak lagi yang lain.

Di sini akan saya jelaskan Prosesi Ruwatan Menurut R. KI BINTANG TIMUR bedasarkan ijaza yang saya terima dari Eyang saya yaitu : KTR RM. SUKERMAN PORBO ATMODJO trah Mataram ( Al mathum ) yang dimakamkan di Reno Sidoarjo. Beliau sebelum meninggal sempat mengijazakan beberapa ilmu kepada saya dan diantarang Ilmu Ruwatan ini. Saya banyak belajar ilmu Jawa dari Eyang saya sendiri dan pada saat itu eyang saya banyak memiliki buku buku primbon kuno seperti serat centini , gatoloco dan banyakm lagi yang lain seperti karya Ronggowarsito dan tokoh2 belanda saya kurang paham nama2nya. Setelah Eyang Kakong saya meninggal entah buku2 tersebut kemana karena eyang putri sendiri tidak pernah mau mengurusnya ( meninggal di Tanggul di desa Selandia Baru Umbul Tanggul ) dan menurut cerita dari eyang putri buku tersebut di wariskan pada Bude saya yang sekarang bertempat tinggal di Tanggul Jember ( mantan Guru bahasa inggris ) Bude Tuti. Tapi setelah saya melacak buku2 tersebut ternyata banyak yang sudah di bakar karena berbahaya dan tinggal peimbon dan buku – buku sejarah Jawa saja itupun banyak halaman yang hilang.

Dalam Prosesi Ruwatan saya sering memakai sarana :

1. Mory 3 meter

2. Bunga Setaman Tujuh Rupa

3. Minyak 3 jenis ( untuk melengkapi energi yang kurang )

4. Dan air yang diambil dari tempat keramat di antaranya dari Bojonegoro ( Dander ” Kayangan Api ” ) dan Dari Alas Ketonggo sungai tempuran yang pernah di pakai oleh Brawijaya V ( Ngawi ) dan ketuju air ini kami metralkan terlebih dahulu sebelum kita pakai untuk prosesi ruwatan.

5. Dan semua sarana no. 2 s/d 4 kita jadikan satu dalam bak mandi ( yang bersih /khusus ) lalu kita bacakan Mantra / doa

6. setelah semua selesai Persiapan yang mau kita ruwat

• Ruwatan kita lakukan pada malam hari pulul ( 00.00 wib ) jika laki-laki tidak boleh menggunakan asosoris seperti cincin akik harus dilepas, jika perempuan kalung, gelang, anting2. dilepas dan ditempatkan pada tempat yang aman ( menjaga kemungkinan Hilang ) dan di tekankan waktunya tidak boleh pada saat dating bulan.

• Dan dilanjutkan pada prosesi siraman yang dilakukan di luar rumah tanpa ada penghalang atap jadi atas harus langsung langit. Peserta ruatan hanya mengenakan kemben Mory saja. Setelah selesai prosesi ruwatan yang perlu diperhatikan adalah bekas bunga yang tercecer harus diambil sampai bersih jangan ada yang tercecer begitu halnya mory yang di pakai karena energi yang kotor ada pada mory dan bunga yang dipakai untuk ruwatan tersebut. Dan masukkan pada kresek dan bungkus yang rapi setelah paginya kita larung ke sungai ( tapi sebelumnya kita bacakan asma kutub ) maknanya : biyar sengkala kita terbuang kea rah laut bebas.

• Dan anda pada saat itu juga akan di bekali pagaram ghoib RAJAH KALACAKRA yang ampuh guna terhindar dari energi negative seperti santet, tenung, hipnotis, gendam, pelet dls.

• dan setelah selesai kami akan menyarankan agar membuat masi Kuning dan Jenang sengkala yang tujuanya : untuk tanda

• adapun yang lain akan saya jelaskan menyusul.

Hubungi Kami :

PONDOK SPIRITUAL CUPU MANIK ASTAGINA

TELP: 0351 – 7375682 / 088-1920-2490

e-mail: ki.bintangtimurmadiun@gmail.com

2 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Ki, saya tertarik dong, saya minta info lebih lanjut ya ki, melalui email saya ya ki..

    terima kasih sebelumnya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: